Sekilas tentang program MSIB

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah dan mendapatkan kemampuan, pengetahuan dan sikap di dunia industri dengan cara bekerja dan belajar secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil. Pengalaman belajar di luar perguruan tinggi dengan aktivitas pembelajaran yang terstruktur akan dikonversi ke SKS Mahasiswa.

  • Program Magang

Kegiatan dimana mahasiswa bekerja di organisasi mitra sebagai trainee selama periode waktu terbatas.

  • Program Studi Independen

Program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri yang menyediakan pengetahuan dan keterampilan dengan tingkat relevansi tinggi di dunia kerja dan dunia usaha dalam bentuk kursus singkat (short course), kemah kerja (bootcamp), massive open online course (MOOC), dan lainnya, yang dilanjutkan dengan kegiatan kolaborasi bersama dengan sesama peserta maupun personil organisasi mitra dalam suatu proyek atau studi kasus.

Syarat Pendaftaran

di linkkan pada link ini : https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417239114905

Prosedur Pendaftaran

Berikut adalah alur pendaftaran MSIB Kampus Merdeka 2023 bagi mahasiswa UII:

  1. Mahasiswa mendaftar di Web Kampus Merdeka, pastikan saat mengisi data pada web tersebut data asli dan benar.
  2. Mahasiswa membuat motivation letter yang didalamnya telah terdapat persetujuan DPA (Dosen Pembimbing Akademik), dengan asumsi bahwa DPA lebih memahami kondisi mahasiswa. Form motivation letter dapat diunduh melalui link : s.id/SHuG
  3. Mahasiswa mengajukan surat rekomendasi ke fakultas yang ditandatangani Wakil Dekan II dan Kaprodi, template surat rekomendasi dapat diunduh melalui link berikut : http://ringkas.kemdikbud.go.id/SrtRekomendasiMSIB4
  4. Setelah mahasiswa mendapatkan surat rekomendasi, maka mahasiswa dapat mengajukan pembuatan Surat SPTJM melalui DPKA UII. Form pengajuan pembuatan Surat SPTJM dapat diunduh melalui link : s.id/formSPTJMUII
  5. Nantinya, mahasiswa yang telah mengisi link pengajuan Form SPTJM, dapat mengunduh template SPTJM melalui link yang tertulis di Google Form.
  6. Selanjutnya Surat SPTJM yang telah ditandatangani oleh orang tua dikumpulkan ke DPKA untuk dimintakan tanda tangan secara kolektif ke Wakil Rektor Bidang KKA UII.
  7. Nantinya, di DPKA akan dilakukan verifikasi kelengkapan dokumen surat rekomendasi prodi dan kesesuaian format SPTJM untuk dapat diproses lebih lanjut.