How to Build A Career in the Petroleum Industry

31 Januari 2022 - 20:00

How to Build A Career in the Petroleum Industry

Pada hari Jum'at, 28 Januari  2022, Direktorat Pengembangan Karier dan Pemberdayaan Alumni telah melaksanakan Program Live Career Talk di Instagram @uiicareer pada pukul 16.00 WIB.  Live ig kali ini, membahas tentang karier di dunia industri petroleum dengan topik "How to Build A Career in the Petroleum Industry". Pembicara topik kali ini adalah kak Nugroho Agung W alumni UII yang saat ini, sebagai Internasional Procurement Office Manager for Southeast Asia and Australia, Maire Tecnimont SpA, dan Italian Licensor and EPC group Company. Program ini di moderatori oleh salah satu Tim Career Talk, yaitu Heppy Noor Affifah dan diramaikan oleh Tim Career Talk DPKA UII serta sobat karier yang antusias bergabung dalam live instagram @uiicareer,  baik mahasiswa aktif maupun Alumni.

Pada Program Live Career Talk kali ini, beliau berbagi banyak pengalamanya berkarier di industri petroleum, yaitu indutri minyak dan gas. Cakupan industri petroleum sangatlah luas tidak hanya yang berkecimpung pada KKKS (K3S) migas saja, namun masih banyak yang lainnya. Pada perusahaan industri petroleum membutuhkan seseorang yang memiliki banyak pengalaman tidak hanya mengacu pada jurusan tertentu saja. Adapun pengalaman yang dapat mengasah skill berupa pelatihan dan sertifikasi. Dua hal umum yang ditempuh fresh graduate untuk masuk industri migas adalah akademik dan training. Training yang dapat diikuti untuk persiapan masuk dunia industri migas, diantaranya adalah IRATA Certification, NDT,  PMP, ICT, K3 migas, dll. Selain itu juga untuk dapat terjun dalam perindustrian migas perlunya refleksi diri dengan berpikir dan belajar mandiri, imitasi (meniru), dan experience dengan mencoba berbagai training yang ada. 

Harapannya dengan kegiatan ini, dapat memberikan gambaran seputar  industri migas sehingga sobat karier yang tertarik berkarier di dunia insdutri pretroleum dapat   mempersiapkan hal-hal yang  dibutuhkan oleh perusahaan  yang akan dituju dengan memperbanyak pengalaman dari sekarang, seperti mengikuti pelatihan dan sertifikasi.