Live Career Talk dengan Tema "Get to Know Career in Manufacture Industry&qu

07 Februari 2022 - 15:04

Sharing Karier dengan Salah Satu Alumni Teknik Kimia Universitas Islam Indonesia

Pada hari Jum'at, taggal 4 Febrauari 2022 pukul 16.00-17.00 WIB, telah dilaksanakan kegiatan Live Career Talk via Instagram @uiicareer membahas tema "Get to Know Career in Manufacture Industry". Pada kesempatan tersebut, tim DPKA UII berkesempatan untuk sharing bersama dengan kak Dara Alhusnah, S.T. yang sukses berkarier sebagai Marchandiser di PT. Pan Brothers, Tbk.

Industri manufaktur khususnya yang dihandle oleh kak Dara yaitu pada industri Garmen yang memproduksi pakaian olahraga yang di ekspor ke luar negeri. Lebih tepatnya Kak Dara menjadi merchandiser development produk pakaian siap pakai seperti brand Columbia dan The North Face. Merchandiser development yaitu pihak yang mejembatani antara factory dan klien/ konsumen. Jadi Kak Dara mempelajari apa yang diinginkan konsumen, lalu melaporkan ke factory detail produk seperti apa yang ingin dipesan, sehingga dibuatkan produk yang sesuai dnegan kebutuhan konsumen.

 Tahap recruitment yang dilalui oleh Kak Dara dimulai dari tes psikotes, dan interview sebanyak tiga kali. Pada tahap wawancara, menurut pengelaman Kak Dara, ketika penginterview mempersilakan kepada peserta untuk memperkenalkan diri, maka disitulah letak seseorang dapat menampilkan segala bentuk kemampuan dirinya. Mengenai bidang apa yang dikuasai, juga apa yang mampu diberikannya, kepada perusahaan.

Menurut kak Dara, ketika freshgraduate terjun ke dunia kerja, maka harus belajar dan terus belajar. Bahkan belajar dari nol. Sering terjadi dalam segala bidang pekerjaan, yang terkadang berbeda jauh dengan teori di bangku kuliah. Sehingga seorang freshgraduate harus selalu belajar untuk meningkatkan kemampuan diri dan skill nya, agar dapat menyesuaikan diri dengan bidang yang ia tekuni juga lingkungan kerjanya.