Career Mentoring Beri Wawasan Mahasiswa Tentang Dunia Kerja

Diposting Oleh Admin ACC UII    10 Oktober 2017    12:16:52

Kategori Berita

Career Mentoring Beri Wawasan Mahasiswa Tentang Dunia Kerja

Keseriusan UII dalam menjamin mutu dan kualitas lulusannya terus diupayakan. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Career Mentoring. Kegiatan itu melibatkan alumni yang telah berkarier pada berbagai industri untuk menjadi mentor bagi para mahasiswa dan lulusan baru UII. Para mahasiswa dan lulusan baru mendapatkan berbagai pengetahuan dan wawasan dari para mentor. Kegiatan Career Mentoring pada tahun ini merupakan rangkaian acara UII Integrated Career Days 2017 (UII ICD 2017) yang diselenggarakan pada Sabtu-Minggu 30 September – 1 Oktober 2017 bertempat di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito, Kampus Terpadu UII.

 

Ditemui saat jeda, Kepala Alumni Career Center (ACC) UII, Baziedy Aditya Darmawan, SE. MM., menyampaikan kepada Humas UII bahwa kegiatan ini sebagai wujud nyata UII sebagai universitas dalam memberikan jaminan kualitas yakni dengan mendorong keterserapan mahasiswa dalam berbagai sektor industri.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk membekali teman-teman mahasiswa khususnya untuk menyiapkan diri mereka dalam meraih karir nantinya. Sesuatu yang tidak diajarkan di kelas seperti meraih karir, bagaimana menghadapi tantangan setelah berkarir dan bagaimana untuk terus bisa mengembangkan diri di berbagai industri”, ujarnya.

Pada Career Mentoring hari pertama terdiri dari 3 sesi. Sesi pertama yaitu Industri Teknologi Informasi yang diisi oleh  Novitasari Kusumadewi, alumni UII yang saat ini menjabat sebagai Manager Telkom dan TV Media PT. Telekomunikasi Indonesia. Dalam mengawali materinya, Novitasari menceritakan pengalaman dirinya ketika masih menjadi fresh graduate dan ingin mencari kerja, sama seperti mayoritas peserta mentoring yang hadir.

Sesi kedua, sektor Industri Perbankan diisi oleh Panji Yudhanto, Manager PT. Bank Syariah Mandiri Denpasar, Bali. Pada sesi kedua ini Panji menjelaskan mengenai proses rekruitmen di Bank Syariah Mandiri. Selain itu, Panji juga memaparkan secara singkat mengenai perbedaan bank syariah dan bank konvensional.

Career Mentoring hari pertama ditutup dengan penyampaian materi dari sektor BUMN. Sesi ketiga tersebut diisi oleh Yulianita Andromeda, alumni Psikologi UII tahun 2005 yang saat ini menjabat sebagai Human Capital Management (HCM) di PT. PLN (Persero). Yulianita menceritakan pengalamannya bekerja di BUMN terbesar di Indonesia kepada peserta Career Mentoring. (MHH)

Sumber : www.uii.ac.id


Artikel terkait