UII Career Center Kembali Gelar Job Fair

Diposting Oleh Admin ACC UII    12 Desember 2017    15:07:35

Kategori Artikel

UII Career Center Kembali Gelar Job Fair

Setelah sukses menyelenggarakan Job Fair yang pertama di bulan Agustus 2017, Universitas Islam Indonesia (UII) melalui UII Career Center kembali selenggarakan Job Fair yang kedua di tahun 2017, sebagai rangkaian dari penyelenggaraan UII Integrated Career Days (ICD) 2017.

Job Fair UII merupakan pameran bursa lowongan pekerjaan oleh perusahaan dari berbagai industri, baik perusahaan nasional maupun perusahaan multinasional untuk membantu proses rekrutmen sebagai upaya menarik calon pelamar dalam jumlah yang besar guna memperoleh sumber daya manusia yang potensial

Pada pelaksanaan Job Fair kedua kali ini diikuti oleh 23 perusahaan mitra kerja UII. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut dari tanggal 9-10 Desember 2017, bertempat di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir UII. Dari sisi pencari kerja, diharapkan kegiatan ini dapat mempermudah mendapatkan berbagai informasi untuk meraih karier.

Disampaikan Ketua Panitia UII ICD 2017, Baziedy Aditya Darmawan, SE., MM., UII memiliki komitmen untuk menekan tingkat pengangguran terdidik di Indoensia, khususnya di kota Yogyakarta. “Kita sadari bahwa kota Yogyakarta bukanlah kota industri tetapi kota pendidikan, lulusannya banyak namun industrinya tidak sebanyak di kota-kota lain dan itu menjadi salah satu masalah yang harus ada solusinya,” paparnya.

Sementara Wakil Rektor III UII, Ir. Agus Taufiq M.Sc., yang turut hadir sekaligus membuka secara resmi penyelenggaraan Job Fair UII ICD menjelaskan bahwa masalah ketenagakerjaan selalu menjadi isu utama dalam konteks ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di suatu negara. Salah satu isu utama yang dihadapi Indonesia saat ini adalah bagaimana menurunkan tingkat pengangguran melalui usaha nyata

Lebih lanjut Agus Taufiq menyampaikan, data ketenagakerjaan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah angkatan kerja pada Agustus 2017 sebanyak 128,06 juta   orang, naik 2,62 juta dibanding Agustus 2016. Sebanyak 121,02 juta orang penduduk bekerja dan sebanyak 7,04 juta orang menganggur. Dibanding setahun yang lalu, jumlah penduduk bekerja bertambah 2,61 juta orang dan jumlah penganggurannya juga bertambah 10 ribu orang.

Untuk Yogyakarta seperti disampaikan Agus Taufiq, tingkat pengangguran terbuka per Agustus 2017 sebesar 3,02 persen, Hal ini juga menunjukan kenaikan jika dibandingkan dengan bulan Februari 2017 yang mencapai 2,84 persen. Angka tersebut juga menunjukan peningkatan sebesar 0,30 poin dibanding Agustus 2016 yang mencapai 2,72 persen.

“Maka UII sebagai perguruan tinggi nasional yang memiliki visi ragmatan lil ‘alamin berkomitmen untuk turut serta menekan angka pengangguran yang ada melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, salah satunya melalui Job Fair UII ICD ini,” jelasnya.

Salah seorang job seeker pada kegiatan ini, Enggar Novianto yang juga merupakan fresh graduate dari salah satu universitas di Yogyakarta, menanggapi positif pelaksanaan Job Fair ICD UII. “Sangat membantu ya, terutama bagi para job seeker yang baru lulus agar lebih mudah mendapat pekerjaan, mudah-mudahan bisa mendapat hasil yang positif,” ungkapnya. (MDP/RS)

 

Sumber : www.uii.ac.id


Artikel terkait