Strategi 3C Vina Muliana: Kunci Sukses untuk Menghadapi Tantangan Dunia Kerja di Career Seminar ICD UII 2025 

Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni Universitas Islam Indonesia (DPKA UII) mengadakan Job Fair Integrated Career Days (ICD) yang diselenggarakan di Auditorium Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir, Kampus Terpadu UII, pada (8–9/8). Acara ini mengundang beberapa pembicara, termasuk alumni UII dan beberapa pengusaha muda yang telah sukses berkiprah di dunia kerja, serta diwarnai oleh pembicara spesial, yaitu Vina Muliana, seorang pegawai BUMN dan content creator ternama.

Pada hari kedua Job Fair ICD, acara menampilkan career seminar, career talk show, presentasi perusahaan, booth perusahaan, dan career consulting bersama psikolog. Career seminar bersama Vina Muliana menjadi sesi acara yang sangat dinanti oleh para job seeker. Bertajuk “Get Noticed, Get Hired: CV and Interview Essentials”, sesi pertama sukses dimoderatori oleh Fikal yang mengawali diskusi dengan menanyakan kabar Vina Muliana dan antusiasme peserta.

Vina Muliana memulai presentasinya dengan menjelaskan pentingnya mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. Ia menekankan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk pemahaman diri dan pengembangan keterampilan. “Sebelum mempersiapkan karir, penting untuk memahami apa yang kita inginkan dan kemampuan yang kita miliki,” ungkap Vina Muliana.

Dalam presentasinya, Vina Muliana memperkenalkan konsep “3C” yang terdiri dari Clarity, Connections, dan Competitiveness. Clarity merujuk pada kemampuan untuk mengidentifikasi tujuan karir dan bidang yang diminati. Connections adalah pentingnya membangun relasi yang baik dalam dunia profesional, sedangkan Competitiveness berkaitan dengan kemampuan untuk bersaing di pasar kerja. “Modal pertama adalah clarity. Anda harus bisa mengidentifikasi apa yang ingin Anda lakukan di masa depan,” jelas Vina Muliana. Ia juga menekankan bahwa membangun koneksi yang baik dapat membuka banyak peluang. “Your network is your net worth,” tambahnya, mengingatkan peserta akan pentingnya relasi dalam dunia kerja.

Vina Muliana juga berbagi pengalamannya sebagai seorang pegawai BUMN dan content creator. Ia menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam dunia kerja, termasuk pentingnya memiliki keterampilan teknis dan nonteknis. “Perusahaan mencari kandidat yang tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan sikap yang baik,” ujarnya.

Di akhir sesi, Vina Muliana memberikan motivasi kepada para peserta untuk terus belajar dan mengembangkan diri. “Gunakan waktu seoptimal mungkin untuk meningkatkan keterampilan Anda. Jangan hanya menghabiskan waktu di media sosial, tetapi manfaatkan untuk belajar hal baru,” pesannya.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat langsung berinteraksi dengan Vina Muliana dan mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang dunia kerja.

Penulis: Mochamad Farhan Rizki Ramadan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *