Preparing Your Coffee Shop Bussiness

26 September 2022 - 11:06

Live Career Talk DPKA UII bersama alumni Prodi Ilmu Komunikasi UII yang berkecimpung di dunia bisnis coffeeshop

Jum’at, 23 September 2022 Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni menyelenggarakan acara Live Career Talk via Instagram @uiicareer dengan tema “Preparing Your Coffee Shop Bussiness”. Dibersamai oleh moderator dari DPKA UII yaitu kak Taufik Satrio S.E dan narasumber yang ramah dan asik kak Nanda Miftah Al Faiz alumni Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2016, yang sukses membangun coffeeshopnya yang diberi nama Hoopcoffe.              

Merintis sebuah bisnis menjadi tentangan tersendiri bagi foundernya. Seperti halnya dalam bisnis kopi yang ditekuni oleh kak Nanda. Perlu waktu selama satu tahun untuk riset produk dan mempersiapkan segala halnya. Mulai dari peng-konsepan, eksperimen cita rasa, serta menentukan tempat untuk membuka usaha. Namun bagi setiap orang mempunyai waktu yang berbeda-beda dalam mepersiapkan sebuah bisnis. Awal mula membangun bisnis tesebut, karena kak Nanda tetarik dengan kopi, dan pernah menjadi barista kemudian tertarik dengan manajemen bisnis coffeeshop yang peluangnya masih terbuka lebar di jogja, juga memiliki keuntungan yang menjanjikan.

Hal yang paling penting untuk disiapkan untuk memulai bisnis F&B adalah menu. Karena sampai saat ini kak Nanda pun masih belajar berinovasi mengenai resep menu. Menurut kak Nanda, semua aspek itu penting, namun yang diutamakan pada resep dan pelayanan yang diberikan. Agar pelanggan yang datang akan selalu datang lagi. Pemasaran produknya, diimbangi dengan pemasaran di sosial media. Karena sebagian besar penghuni di jogja adalah mahasiswa, jadi pasar nya lebih menjurus pada mahasiswa.  

Pada bisnis coffeeshop nya, kak Nanda merintisnya secara mandiri, tanpa teman yang diajak kerjasama, tanpa ada investor. Untuk manajemen nya, kak Nanda belajar dari tokoh yang sudah aktif di dunia bisnis kopi jogja, beliaulah yang menjadi mentor dalam bisnisnya. Kak Nanda mengelola sendiri manajemen bisnisnya, dan memahami betul bisnis yang dikelolanya.